Header Ads

Komponen Multimedia (Teks, grafik, audio, video, animasi)


Sebagaimana diketahui bersama bahwa Multimedia dibagi menjadi dua kategori, yakni Multimedia Content Production dan Multimedia Communication. Berdasarkan kategoti tersebut, dapat kita simpulkan bahawa terdapat 5 komponen  inti multimedia, yaitu Teks, Grafik, Audio, Video, dan animasi.

a) Teks
Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Teks sebagian besar digunakan dalam multimedia karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali adalah teks, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.

b) Grafik (Gambar)
Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Salah satu komponen penting lainnya dalam multimedia adalah gambar karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Publikasi multimedia menjadi lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, karena manusia selalu berorientasi terhadap visual.

c) Audio
Dalam penyampaian informasi, teknologi audio juga berperan penting. Dalam sebuah multimedia hasilnya tidak lengkap tanpa adanya audio. didalam multimedia suara atau audio biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain.

d) Video
Video merupakan kumpulan gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak secara visual. Dalam tampilan multimedia pembuatan video bertujuan agar  tampilan yang dihasilkan lebih menarik.

e) Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.

Itulah komponen - komponen multimedia yang paling utama. Pelajari juga mengenai penerapan multimedia dalam kehidupan sehari-hari manusia.
terimakasih telah membaca artikel ini. semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin..
jangan lupa share ke teman-teman anda dan bubuhi juga komentar anda yang membangun untuk postingan-postingan selanjutnya :-)

Follow Mediahanjar.com


No comments