Header Ads

Memahami Etimologi Multimedia

Perlu diketahui bersama bahwa multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. dimana multi berarti bermacam-macam atau banyak. sedangkan medium berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Secara terminologi (istilah) multimedia bisa diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Beberapa definisi menurut para ahli :
a. Kombinasi komputer dan video (Rosch, 1996)
b. Kombinasi tiga elemen, yaitu: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
c. Kombinasi paling sedikit dari dua media (input dan output). Bisa berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar  (Turban dan kawan-kawan, 2001)
d. Dalam konteks komputer Hofstetter, 2001 adalah:
Dalam konteks komputer Multimedia yaitu pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan komponen multimedia (teks, grafik, audio, video) dengan menggunakan tool/alat yang memungkinkan user berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dari beberapa definisi di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian multimedia yaitu penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Dengan Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.
Multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu:
a) Multimedia Content Production
Kategori yang pertama Multimedia Content Production, yaitu penggunaan dan pemrosesan beberapa media (seperti: text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (seperti: musik, video, film, game, entertaiment, dan lain-lain). dalam kategori ini multimedia bisa juga penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. 
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
o Media Teks
o Media Audio
o Media Video
o Media Animasi
o Media Graph / Image
o Media Interactivity
o Media Special Effect

b) Multimedia Communication
Kategori yang kedua Multimedia Communication, yaitu menggunakan media (masa) seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, public-city, entertaiment, news, education, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
o TV 
o Radio 
o Film 
o Cetak 
o Musik 
o Game 
o Entertaiment 
o Tutorial 
o ICT (Internet) 

_________________________________________________________________________________
Terimakasih telah membaca artikel ini. Pelajari juga Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi.
Jangan Lupa Share dan Komentar yang membangunnya Ya!!! :-)

No comments