Header Ads

Pengertian, Konsep, dan Proses Pembuatan Animasi 3D



Pengertian, Konsep, dan Proses Pembuatan Animasi 3D

MATERI MODUL


Animasi 3D ialah animasi yang berwujud 3 dimensi. meskipun bukan dalam wujud 3 dimensi yang sebenarnya atau bukan sebuah objek 3D yang bisa kita sentuh dan rasakan wujud fisiknya. tapi hanya dalam bentuk wujud 3 dimensi dalam layar atau media seperti televisi, bioskop, komputer, projector, dan lainnya. tidak sama seperti animasi 2D yang bersifat datar, animasi 3D memiliki kedalaman (volume) bentuk. Animasi 3D juga bisa kita definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. 
salah satu keunggulan utama dari animasi 3 dimensi adalah visualisasi objek yang tampak lebih nyata dan bisa dikatakan lebih mendekati wujud aslinya. keunggulan lainnya adalah kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi sebuah adegan yang sulit seperti efek gedung roboh, gempa, longsor, dan lainnya. Animasi 3 dimensi juga bisa memvisualisasikan yang nampaknya mustahil atau tidak mungkin.
Ilmu teknologi dan komputer yang membuat teknik pembuatan animasi semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3 dimensi juga merupakan pengembangan dari animasi 2 dimensi. sebagai contoh beberapa film yang menggunakan konsep 3 dimensi diantaranya adalah film Bugs life, AntZ, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc, Car, The Incredible, dan masih banyak lagi lainnya. Kesemuanya itu bisa disebut dengan animasi 3 dimensi atau dalam perkembangannya disebut dengan CGI (Computer Generated Imagery)

Pada modul kali ini, mediahanjar.com akan membahas mengenai Pengertian, Konsep, dan Proses pembuatan animasi 3D.

Pengertian Animasi 3D: 



Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi 2D agar karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata. Animasi 3D ini secara keseluruhan dikerjakan menggunakan komputer. Animasi 3D adalah proses penciptaan gambar bergerak dalam bentuk objek 3D dalam ruang digital 3 Dimensi. Hal ini dilakukan dengan cara membuat sebuah frame yang mensimulasikan setiap gambar yang kemudian difilmkan dengan menggunakan kamera virtual dan keluaran outputnya berupa file video yang sudah direndering atau realtime. Animasi 3 dimensi saat ini merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi animasi 3 dimensi juga terkadang digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.

Konsep Objek 3 Dimensi 


Objek 3 Dimensi tidak hanya mempunyai bentuk dan volume tetapi juga memiliki ruang, sehingga objek ini memiliki 3 sumbu koordinat, yaitu X, Y, dan Z. Jika objek 2 Dimensi hanya dapat digerakan ke dua arah, yaitu ke kanan / ke kiri (X) dan ke atas / ke bawah (Y), maka berbeda dengan animasi 3D. Pada animasi 3D objek dapat digerakan ketiga arah, yaitu ke kanan / ke kiri (X), ke atas / ke bawah (Y), serta ke depan / ke belakang (Z).

Objek 3D memiliki 3 Element dasar pembentuk objek tersebut, yaitu Vertex, Edge, dan Face. Vertex merupakan titik yang terletak pada koordinat X, Y, dan Z. Edge adalah gabungan dari 2 vertex sehingga membentuk garis. Tiga vertex atau lebih yang saling terhubung sehingga terbentuk bidang permukaan berupa kurva tutup akan membentuk Face. sebuah objek utuh yang disebut dengan Mesh merupakan Kumpulan dari vertex, edge, dan face. 

Baca Juga:

Proses pembuatan Animasi 3 Dimensi. 


Dalam pembuatan Animasi 3D secara umum terbagi menjadi 3 Tahap, yaitu: 

1. Modelling.Merupakan proses menyusun sebuah bentuk objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Tujuan dari tahap ini adalah membuat objek atau benda terlihat hidaup dan sesuai dengan objek aslinya. 
2. Animation. Merupakan proses pendefinisian pergerakan objek. Proses Animation adalah rentetan gambar yang nantinya membentuk suatu pergerakan yang berkesinambungan. 
3. Rendering. Merupakan proses menggeneralisasi sebuah gambar atau objek dengan memberikan atribut objek seperti warna, teksture, serta kadar transparasi menggunakan program komputer. 

Baca Juga :

KEGIATAN KELAS

Setelah mempelajari materi modul Pengertian, Konsep, dan Proses Pembuatan Animasi 3D maka sekarang kita masuk ke pembahasan kegiatan kelas bagi peserta didik. kegiatan ini bisa menjadi bagian dari RPP untuk BAB mengenai Mengenal Konsep Dasar Objek 3 Dimensi. berikut adalah contoh format kegiatan kelas:

A. Judul Kegiatan : Menganalisis Objek 3D
B. Jenis Kegiatan : Tugas Mandiri
C. Tujuan Kegiatan :
  1. Peserta didik dapat menjelaskan mengenai objek Animasi 3D dengan benar. (KD.3)
  2. Peserta didik dapat menyajikan hasil analisis objek animasi 3D dengan terampil (KD.4)
D. Langkah Kegiatan :
1. Perhatikan Gambar objek Animasi 3D dengan seksama!
Pengertian, Konsep, dan Proses Pembuatan Animasi 3D
2. Berdasarkan gambar di atas, coba anda lakukan analisis pengertian objek 3D menurut pemahaman anda!
Hasil Analisis: ...........................................................................

3. berdasarkan hasil analisis yang telah anda kerjakan, cobalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri animasi 3D!
Hasil Identifikasi :
a. .......................................
b. .......................................
c. .......................................
d. .......................................

4. berikan satu kesimpulan yang berhasil anda dapatkan mengenai animasi 3D!
Kesimpulan : .............................................................

5. Sampaikan hasil analisis yang telah anda lakukan di depan kelas, mintalah tanggapan dari guru dan teman-teman!

Itulah materi tentang pengertian, konsep, dan proses pembuatan animasi 3Dimensi. Selanjutnya ketahui juga Aplikasi-aplikasi yang digunakan pada animasi 3D yang bisa digunakan.
Semangat belajar !!!!

Follow Mediahanjar.com

Baca Juga:

No comments